Reaktifitas serbuk logam kelompok ( Fe Ni, Co ) terhadap serbuk TiN dan TiN₁₋ₓ yang direaksikan dengan metoda laser melting

Salim, Mustofa and Yasuhiro, Tsugita (1999) Reaktifitas serbuk logam kelompok ( Fe Ni, Co ) terhadap serbuk TiN dan TiN₁₋ₓ yang direaksikan dengan metoda laser melting. In: Prosiding Seminar Nasional Mikroskopi dan Mikroanalisis IV, 8 September 1999, Serpong.

[thumbnail of Prosiding_Salim Mustofa_P3IB_1999.pdf]
Preview
Text
Prosiding_Salim Mustofa_P3IB_1999.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
Official URL: http://-

Abstract

Pembuatan logam komposit dispersi partikel TiN memerlukan data yang cukup tentang reaktifltas antara logam kelompok Fe (Ferrous Group Metal, di bawah disingkat dengan FGM) sebagai matriks dan TiN sebagai partikel penguat. Setelah mencampur TiN dan TiN₁₋ₓ ( TiN yang defisit Nitrogen ) dan logam Ni. Co dengan volume perbandingan masing-masing 50%. dilakukan pengompakan atas campuran tersebut. Kemudian dilakukan peleburan terhadap campuran kompak tersebut dengan laser melting dengan daya 1.2 kV untuk kemudian dianalisis morfologi permukaan komposit yang terbentuk serta struktur mikro bagian dalamnya. Pengamatan mikro dilakukan dengan mikroskop optik, sedangkan untuk phase-phase yang terbentuk dianalisis dengan Sinar X. dan untuk komposisi lengkap dari phase-phase tersebut dideterminasi dengan EPMA-EDX. Partikel-partikel TiN bereaksi dengan matrik FGM yang telah melebur akibat panas dari laser melting, sehingga mengakibatkan lapisan terluar dari partikel TiN melepaskan atom Nitrogennya menjadi gas N,. Akibatnya adalah lapisan Icrluar dari partikel TiN yang telah melepaskan atom Nitrogennya, berubah menjadi Ti (Titanium) dan kemudian Titanium ini bereaksi dengan FGM membentuk Intermetallic Compound (IMC) seperti M₂Ti dan M₃Ti (M : Ni. Co). Tingkatan reaktifitas antara serbuk TiN, TiN₁₋ₓ dan FGM adalah Co lebih reaktif daripada Ni. Meskipun reaktifitas TiN₁₋ₓ jauh lebih tinggi bila dibandingkan dengan TiN, namun hasil eksperimen memberikan kesimpulan bahwa serbuk TiN₁₋ₓ pun dapat dipakai sebagai partikel penguat untuk membentuk komposit berkualitas sama dengan TiN stoikiometri.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Subjects: Materials Sciences > Composite Materials
Divisions: BATAN > Pusat Sains dan Teknologi Bahan Maju
IPTEK > BATAN > Pusat Sains dan Teknologi Bahan Maju
Depositing User: - Rahmahwati -
Date Deposited: 01 Feb 2023 04:30
Last Modified: 01 Feb 2023 04:30
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/14450

Actions (login required)

View Item
View Item