Pemeliharaan dan perawatan fasilitas penyimpanan sementara bahan bakar nuklir bekas

Budiyono, Budiyono and Parjono, Parjono (2016) Pemeliharaan dan perawatan fasilitas penyimpanan sementara bahan bakar nuklir bekas. In: Hasil Penelitian dan Kegiatan Pusat Teknologi Limbah Radioaktif Tahun 2015, 25-26 April 2016, Serpong.

[thumbnail of Prosiding_Budiyono_PTLR_2015.pdf] Text
Prosiding_Budiyono_PTLR_2015.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Sebagian besar peralatan Kanal Hubung Instalasi Penyimpanan Sementara Bahan Bakar Bekas (KH-IPSB3) telah berusia diatas 20 tahun. Jika tanpa pemeliharaan dan perawatan yang serius, dikhawatirkan peralatan mengalami penurunan kinerja atau rusak sehingga dapat membahayakan keselamatan operasinya. Optimasi operasi dilakukan dengan menjaga output pada batas kondisi operasi dengan mempertimbangkan kondisi peralatan. Kinerja peralatan dijaga dengan pemeliharaan secara preventif dan prediktif. Sedangkan perbaikan dilakukan untuk peralatan yang rusak atau kinerjanya menurun drastis. Pengembangan fasilitas perlu dilakukan karena pertimbangan kondisi fisik peralatan, tuntutan peraturan baru, kebutuhan proses dan adanya perkembangan teknologi. Dengan optimalnya pengoperasian fasilitas KH IPSB3 diharapkan pengelolaan bahan bakar nuklir bekas berlangsung dengan baik, selamat dan aman serta berkesinambungan dan pada akhimya mendukung pemanfaatan teknologi nuklir di berbagai bidang. Kegiatan pemeliharaan dan perawatan KH-IPSB3 tahun 201S mampu menjaga kinerja peralatan beroperasi dengan baik. Sistem ventilasi beroperasi sesuai syarat Batas Kondisi Operasi. Suhu ruang instalasi terjaga ≤ 2S®C dan kelembaban ≤ 7S%. Personel operasi dan perawatan peralatan KHIPSB3 telah tersertifikasi sebagai operator dan supervisor dari Bapeten.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Uncontrolled Keywords: Perawatan, Kinerja, Peralatan, Batas kondisi operasi
Subjects: Taksonomi BATAN > Daur Bahan Bakar Nuklir dan Bahan Maju > Limbah Radioaktif > Teknik Pengolahan Limbah Radioaktif
Taksonomi BATAN > Daur Bahan Bakar Nuklir dan Bahan Maju > Limbah Radioaktif > Teknik Pengolahan Limbah Radioaktif
Divisions: BATAN > Pusat Teknologi Limbah Radioaktif
IPTEK > BATAN > Pusat Teknologi Limbah Radioaktif
Depositing User: Mr Moh Widya -
Date Deposited: 05 Jan 2023 07:44
Last Modified: 05 Jan 2023 07:44
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/14200

Actions (login required)

View Item
View Item