Selebritas politik dan gaya komunikasi Joko Widodo di media baru

Lidwina, Mutia Sadasri (2019) Selebritas politik dan gaya komunikasi Joko Widodo di media baru. Jurnal Pekommas, 4 (1): 8. pp. 75-84. ISSN 2502-1893

[thumbnail of Jurnal Pekommas_Lidwina Mutia Sadasri _Universitas Gadjah Mada.pdf]
Preview
Text
Jurnal Pekommas_Lidwina Mutia Sadasri _Universitas Gadjah Mada.pdf

Download (565kB) | Preview

Abstract

Selebritas sebagai sosok yang dipuja, tidak selalu berasal dari kalangan seniman seperti musisi maupun aktor dan aktris yang bermain peran di layar kaca atau panggung hiburan, tetapi juga dapat berasaldari kontes politik. Presiden Joko Widodo (Jokowi) sebagai pemimpin negara Republik Indonesia merupakan salah satu contoh selebritas dengan narasi yang masif di media baru.Jokowi memiliki laman di Facebook dan berisi narasi atas kegiatan yang beliau lakukan. Konten tersebut jika dilihat dari sudut pandang ilmu komunikasi dapat dibaca sebagai manifestasi imaji sosok selebritas dari kalangan politik yang ingin beliau sampaikan pada khalayak. Dalam konteks menuju Pilpres 2019, hadirnya konten dalam laman Facebook Jokowi juga dapat dimaknai sebagai salah satu platform yang dapat digunakan pemujanya maupun publik yang luas untuk dapat melakukan proses penggalian informasi terkait calon presiden berikutnya yang akan dipilih. Melalui analisis atas konten laman Facebook milik Joko Widodo selama bulan April 2018, ditemukan bahwa gaya komunikasi yang dilakukan oleh Presiden Jokowi mengarah pada fungsi setting the agenda,topik policy issues, register konten cenderung referential/neutral dan storytelling stagecraft

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Gaya komunikasi, Jokowi, Media baru, Selebritas politik
Subjects: Communication
Communication > Communication & Information Theory
Social and Political Sciences
Depositing User: - Yayan Sofyan
Date Deposited: 03 Jan 2023 12:30
Last Modified: 03 Jan 2023 12:30
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/14171

Actions (login required)

View Item
View Item