Karakterisasi kualitas service water sebelum dan setelah memasuki fasilitas iplr

Ajrieh, Setyawan (2016) Karakterisasi kualitas service water sebelum dan setelah memasuki fasilitas iplr. In: Hasil Penelitian dan Kegiatan Pusat Teknologi Limbah Radioaktif Tahun 2015, 25 - 26 April 2016, Serpong.

[thumbnail of Prosiding_Ajrieh1_PTLR_2015.pdf] Text
Prosiding_Ajrieh1_PTLR_2015.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Kegiatan operasia fasilitas IPLR didukung penuh dari media energi supply salah satunya service water. Pengendalian dan analisis rutin merupakan salah satu faktor utama penentu keberhasilan operasi sistem proses di IPLR. Pengukuran nilai pH dilakukan dengan alat pH meter dan pengukuran nilai konduktivitas dilakukan menggunakan alat konduktometer sedang analisis kat ion terlarut menggunakan spektrofotometri serapan atom (SSA). Dalam kegiatan analisis ini telah diperoleh karakterisasi pH, konduktivitas dan spesifikasi kation terlarut untuk sampel service water. Hasil analisis menunjukan bahwa konduktivitas dan log amlogam Ca, Fe, dan Cu mengalami peningkatan setelah memasuki fasilitas proses IPLR yaitu : konduktivitas dari 134 /ls/cm menjadi 207 /ls/cm dan peningkatan kation terlarut untuk Ca dari 15.36 ppm menjadi 25.31 ppm, Fe dari tidak teridentifikasi menjadi 0.639 ppm, Cu dari tidak teridentifikasi menjadi 0.172 ppm. Hasil analisis ini perlu dikaji lebih lanjut mengenai kemungkinan terjadinya korosi dalam sistem pemipaan pada fasilitas IPLR. Dengan demikian pemantauan kualitas service water umpan proses pada fasilitas perlu dilakukan secara continue untuk menjamin keberhasilan proses operasi dan menyakinkan kualitas umpan media supply di fasilitas IPLR tetap terjaga.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Uncontrolled Keywords: Service Water, AAS
Subjects: Taksonomi BATAN > Daur Bahan Bakar Nuklir dan Bahan Maju > Limbah Radioaktif > Teknik Pengolahan Limbah Radioaktif
Taksonomi BATAN > Daur Bahan Bakar Nuklir dan Bahan Maju > Limbah Radioaktif > Teknik Pengolahan Limbah Radioaktif
Divisions: BATAN > Pusat Teknologi Limbah Radioaktif
IPTEK > BATAN > Pusat Teknologi Limbah Radioaktif
Depositing User: Mr Moh Widya -
Date Deposited: 03 Jan 2023 03:29
Last Modified: 03 Jan 2023 03:29
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/14156

Actions (login required)

View Item
View Item