Rekomendasi fitur jejaring sosial akademik sisnas litbang dengan pendekatan user centric

Vita Pusvita (2018) Rekomendasi fitur jejaring sosial akademik sisnas litbang dengan pendekatan user centric. Jurnal Pekommas, 3 (2): 2. pp. 127-136. ISSN 2502-1893

[thumbnail of Jurnal Pekommas_Vita Pusvita_Balai Besar Pengembangan Sumber daya Manusia dan Penelitian Komunikasi dan Informatika Medan.pdf]
Preview
Text
Jurnal Pekommas_Vita Pusvita_Balai Besar Pengembangan Sumber daya Manusia dan Penelitian Komunikasi dan Informatika Medan.pdf

Download (333kB) | Preview

Abstract

Ketidakselarasan antara kegiatan penelitian dengan kebijakan strategis pembangunan nasional dan ilmu pengetahuan dan teknologi berdampak pada hasil penelitian yang kurang bermanfaat serta kebijakan/program pemerintah yang terbengkalai. Hal ini dikarenakan tidak adanya wadah yang menghubungkan antara peneliti/akademisi, pemerintah maupun badan usaha. Oleh karena itu, dibutuhkan sebuah jejaring sosial yang dapat membantu interaksi maupun kolaborasi antara ketiga jenis pengguna tersebut. Adapun tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui fitur teknis yang dibutuhkan dalam jejaring sosial yang diusulkan. Penelitian ini dilakukan dengan metode pengamatan dan studi literatur dengan menggunakan pendekatan user centric, yaitu melihat peran dan kebutuhan pengguna. Penelitian ini menghasilkan fitur jejaring sosial yang didasarkan pada jenis pengguna, yaitu peneliti/akademisi, pemerintah,serta Badan Usaha. Fitur yang direkomendasikan untuk peneliti/akademisi fokus terhadap kebutuhan peneliti.Sedangkan pemerintah dan Badan usaha memiliki fitur yang berkaitan dengan menunjang kegiatan penelitian serta memanfaatkan hasil penelitian.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: akademisi; fitur teknis; jejaring sosial peneliti
Subjects: Social and Political Sciences
Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities
Depositing User: - Yayan Sofyan
Date Deposited: 02 Jan 2023 03:04
Last Modified: 02 Jan 2023 03:04
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/14139

Actions (login required)

View Item
View Item