Optimasi operasi sarana penunjang, pemeliharaan dan perawatan fasilitas proses limbah radioaktif

Purwantara, Purwantara and Sugianto, Sugianto (2017) Optimasi operasi sarana penunjang, pemeliharaan dan perawatan fasilitas proses limbah radioaktif. In: Hasil Penelitian dan Kegiatan Pusat Teknologi Limbah Radioaktif Tahun 2016, 25-26 April 2017, Serpong.

[thumbnail of Prosiding_Purwantara_PTLR_2016.pdf] Text
Prosiding_Purwantara_PTLR_2016.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Operasi Sarana penunjang proses Instalasi Pengolaha Limbah Radioaktif (IPLR) adalah layanan penyedia media dan energi bagi kegiatan pengolahan limbah radioaktif, penelitian dan administrasi di PTLR terdiri dari : sistem penyedia uap panas (steam system), air pendingin (cooling water) untuk evaporator, udara bertekanan (compressed air system) untuk penggerak kontrol pneumatik seluruh sistem proses, air chiller (chilled water system) untuk sistem tata udara dan unit proses, air servis (service & domentic water system) untuk proses pengolahan dan perkantoran, air bebas mineral (demineralized water system), tata udara (VAC & Off-gas system) dan sistem kelistrikan termasuk capacitor bank, UPS (un-interupted power system) dan generator set. Sebagian besar peralatan/unit/sistem berusia 30 tahun sehingga telah mengalami penurunan unjuk kerjanya. Untuk itu, diperlukan upaya optimasi operasi peralatan/unit/sistem guna mengatur operasi peralatan dengan mempertimbangkan kondisinya juga memperoleh kinerja pada batas yang masih bisa diterima dengan tetap mengutamakan keselamatan dan keamanan.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Uncontrolled Keywords: Optimasi, Media energi, Pemeliharaan, Perawatan
Subjects: Taksonomi BATAN > Daur Bahan Bakar Nuklir dan Bahan Maju > Limbah Radioaktif > Teknik Pengolahan Limbah Radioaktif
Taksonomi BATAN > Daur Bahan Bakar Nuklir dan Bahan Maju > Limbah Radioaktif > Teknik Pengolahan Limbah Radioaktif
Divisions: BATAN > Pusat Teknologi Limbah Radioaktif
IPTEK > BATAN > Pusat Teknologi Limbah Radioaktif
Depositing User: Mr Moh Widya -
Date Deposited: 01 Jan 2023 04:18
Last Modified: 01 Jan 2023 04:20
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/14107

Actions (login required)

View Item
View Item