Pengukuran permeabilitas pasir kuarsa sebagai calon cover pada fasilitas disposal demo di kawasan nuklir serpong

Dewi, Susilowati and Dadang, Suganda (2017) Pengukuran permeabilitas pasir kuarsa sebagai calon cover pada fasilitas disposal demo di kawasan nuklir serpong. In: Hasil Penelitian dan Kegiatan Pusat Teknologi Limbah Radioaktif Tahun 2016, 25-26 April 2017, Serpong.

[thumbnail of Prosiding_Dewi_PTLR_2016.pdf] Text
Prosiding_Dewi_PTLR_2016.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Telah dilakukan pengukuran Permeabilitas Pasir kuarsa sebagai calon cover Fasilitas Disposal Demo dikawasan Nuklir Serpong.Tujuan dari penelitian ini adalah mendapatkan informasi karakter spesifik data kemampuan permeabilitas calon cover calon Fasilitas Disposal Demo di Kawasan Nuklir Serpong yang telah direncanakan oleh Pusat Teknologi Limbah Radioaktif sejak Tahun 2010 untuk mendukung program pembangunan dan pengoperasian Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir (PLTN) di Indonesia di masa depan. Metoda penelitian yang digunakan adalah pengujian falling head test dengan pasir kuarsa dengan variasi besar butir 40, 60, 80, 100, 150 mesh dan alat yang digunakan adalah kolom permeabilitas. Sampel pasir direndam untuk menyeragamkan porositas pasir dan hasil uji porositas adalah 14,2080 %. Uji permeabilitas dilakukan dengan berat pasir 43,2 gr,. Tinggi (h1) cairan dalam kolom adalah 60 cm dan (h2) 40 cm. Hasil uji permeabilitas menunjukkan bahwa kemampuan pasir kuarsa dalam meloloskan air cukup tinggi artinya mineral pasir kuarsa menunjukkan bahwa yang pada dasamya stabil, lemah dan tidak dapat merubah bentuk. Secara permeabilitas pasir merupakan material yang memiliki permeabilitas tinggi artinya mudah ditembus air. Maka dari sifat pasir tersebut dapat dipertimbangkan bahwa pasir dapat dipergunakan sebagai bahan cover untuk fasilitas demo disposal di Kawasan Nuklir Serpong.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Uncontrolled Keywords: Permeabilitas, Falling test, Kolom Darcy
Subjects: Taksonomi BATAN > Daur Bahan Bakar Nuklir dan Bahan Maju > Limbah Radioaktif > Teknik Pengolahan Limbah Radioaktif
Taksonomi BATAN > Daur Bahan Bakar Nuklir dan Bahan Maju > Limbah Radioaktif > Teknik Pengolahan Limbah Radioaktif
Divisions: BATAN > Pusat Teknologi Limbah Radioaktif
IPTEK > BATAN > Pusat Teknologi Limbah Radioaktif
Depositing User: Mr Moh Widya -
Date Deposited: 01 Jan 2023 03:54
Last Modified: 01 Jan 2023 03:54
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/14103

Actions (login required)

View Item
View Item