Kajian pra-revitalisasi mesin pendingin (chiller) fasilitas penyimpanan sementara bahan bakar nuklir bekas

Budiyono, Budiyono and Parjono, Parjono (2017) Kajian pra-revitalisasi mesin pendingin (chiller) fasilitas penyimpanan sementara bahan bakar nuklir bekas. In: Hasil Penelitian dan Kegiatan Pusat Teknologi Limbah Radioaktif Tahun 2016, 25-26 April 2017, Serpong.

[thumbnail of Prosiding_Budiyono_PTLR_2016.pdf] Text
Prosiding_Budiyono_PTLR_2016.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Mesin pendingin (chiller) merupakan salah satu sarana penunjang yang penting di Kanal Hubung Instalasi Penyimpanan Bahan Bakar Bekas (KHIPSB3). Mesin berfungsi menghasilkan air dingin untuk sistem pendingin air kolam dan sistem Ventilation Air Conditioning (V AC). Kemampuan mesin pendingin ditunjukkan 'oleh nilai perbandingan efisiensi energinya (energy efficiency ratio/ EER). Jika perbandingan energi efisiensi makin tinggi maka mesin pendingin semakin efisien. Efisiensi mesin sangat dipengaruhi oleh proses pemeliharaan selama operasi dan proses penuaan fasilitas. Karena mesin di KH-IPSB3, telah beroperasi lebih dari 20 tahun maka perlu dilakukan kajian revitalisasi mesin pendingin. Kajian bertujuan untuk mengetahui nilai perbandingan efisiensi energi mesin pendingin dan urgensinya dilakukan revitalisasi. Tahapan kegiatan dilakukan dengan mengitung kapasitas pendinginan dan energi masukan yang dibutuhkannya. Hasil perhitungan dibuat simulasi kebutuhan biaya untuk proses revitalisasi. Kajian menghasilkan kesimpulan bahwa nilai kapasitas pendinginan mesin chiller saat ini sebesar 423,6 kW dengan penggunaan daya listrik sebesar 55,238 kW. Nilai efisiensi mesin telah menurun sebesar 44,3%, ditunjukkan dengan nilai EER mesin sebesar 7,6 dibandingkan dengan EER standar lebih besar dari 13,6. Jika revitalisasi dilakukan dengan penggantian mesin seharga 800 juta rupiah maka nilai investasi awal ditambah biaya operasi mesin baru akan sarna dengan biaya perbaikan dan operasi mesin lama pada operasi tahun ke 13.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Uncontrolled Keywords: Kajian, Revitalisasi, Efisiensi, Mesin pendingin
Subjects: Taksonomi BATAN > Daur Bahan Bakar Nuklir dan Bahan Maju > Limbah Radioaktif > Teknik Pengolahan Limbah Radioaktif
Taksonomi BATAN > Daur Bahan Bakar Nuklir dan Bahan Maju > Limbah Radioaktif > Teknik Pengolahan Limbah Radioaktif
Divisions: BATAN > Pusat Teknologi Limbah Radioaktif
IPTEK > BATAN > Pusat Teknologi Limbah Radioaktif
Depositing User: Mr Moh Widya -
Date Deposited: 29 Dec 2022 07:21
Last Modified: 29 Dec 2022 07:21
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/14084

Actions (login required)

View Item
View Item