Strategi nasional kecerdasan artifisial Indonesia 2020-2045

Sri Saraswati Wisjnu, Wardhani and Ismunandar, Ismunandar and Michael A, Purwoadi and Anto S, Nugroho (2020) Strategi nasional kecerdasan artifisial Indonesia 2020-2045. BPPT Press, Jakarta. ISBN 978-602-410-177-0

[thumbnail of Artikel_Michael_PR Elektronika_2020.pdf]
Preview
Text
Artikel_Michael_PR Elektronika_2020.pdf

Download (21MB) | Preview
[thumbnail of Artikel_Michael_PR Elektronika_2020.pdf]
Preview
Text
Artikel_Michael_PR Elektronika_2020.pdf

Download (21MB) | Preview

Abstract

Strategi Nasional Kecerdasan Artifisial adalah arah kebijakan nasional yang memuat area fokus dan bidang prioritas teknologi kecerdasan artifisial sebagai acuan kementerian, lembaga, pemerintah daerah, dan pemangku kepentingan lainnya dalam melaksanakan kegiatan di bidang teknologi kecerdasan artifisial di Indonesia.
Dokumen ini ditulis dan disusun sebagai rumusan hasil diskusi dari Kelompok Kerja Penyusunan Strategi Nasional untuk Kecerdasan Artifisial yang dibentuk oleh Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT). Kelompok ini terdiri dari beberapa tenaga ahli yang mewakili Quadruple Helix yaitu Pemerintah, Perguruan Tinggi, Industri, dan Komunitas di bidang Kercerdasan Artifisial. Peraturan dan perundangan yang terkait dengan teknologi kecerdasan artifisial bisa mengacu pada dokumen ini. Dokumen ini memuat area fokus dan bidang prioritas dalam pengembangan dan penerapan teknologi kecerdasan artifisial yang dilaksanakan oleh berbagai kementerian, lembaga, pemerintah daerah, dan pemangku kepentingan lainnya di Indonesia.
Strategi nasional kecerdasan artifisial telah memasukan seluruh arahan pemangku kepentingan yang diwakili oleh para anggota pokja dan akan mendapat masukan dari seluruh masyarakat Indonesia melalui uji publik, sehingga memperkaya isi dari strategi nasional kecerdasan artifisial ini.

Item Type: Book
Additional Information: DDC'23: 006.3
Uncontrolled Keywords: Artificial intelligence; Kecerdasan Artifisial; SPBE
Subjects: Computers, Control & Information Theory > Information Theory
Divisions: OR_Elektronika_dan_Informatika > Kecerdasan_Artifisial_dan_Keamanan_Siber
Depositing User: Rasty -
Date Deposited: 16 Dec 2022 09:12
Last Modified: 21 Dec 2022 02:38
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/13918

Actions (login required)

View Item
View Item