Uji fungsi sistem demineralisasi dengan penambahan kolom mixed bed

Sugianto, Sugianto and Srimaryanto, Srimaryanto and Novia Aris, Purnamasari (2020) Uji fungsi sistem demineralisasi dengan penambahan kolom mixed bed. In: Hasil Penelitian dan Kegiatan Pusat Teknologi Limbah Radioaktif Tahun 2019, 25-26 Agustus 2020, Serpong.

[thumbnail of Prosiding_Sugianto_PTLR_2020.pdf] Text
Prosiding_Sugianto_PTLR_2020.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Telah dilakukan uji fungsi sistem demineralisasi pada sarana penunjang pengolahan limbah radioaktif setelah dilakukan penambahan kolom mixed bed. Sistem demineralisasi yang sebelumnya terdiri dari 2(dua) kolom resin penukar ion yaitu Anion dan Kation. Air baku berasal dari instalasi air kawasan puspiptek dengan dengan rata-rata konduktivitasnya 180 µS. Air baku diproses dengan cara dialirkan ke kolom karbon aktif. Kation dan anion sehingga konduktivitasnya menjadi 40 hingga 20 µS. Air bebas mineral digunakan untuk proses pengolahan limbah radioaktif cair secara evaporasi. Konduktivitas air bebas mineral yang dipersyaratkan untuk pengolahan limbah radioaktif cair dengan evaporasi adalah < 2 µS, Untuk mencapai kualitas air bebas mineral dengan konduktivitas 40 hingga 20 flS menjadi < 2 µS dilakukan sirkulasi u]ang pada kolom penukar ion anion dan kation. Proses sirkulasi memerlukan waktu 2,5 sampai dengan 3 jam untuk mendapatkan kualitas air bebas mineral dengan konduktivitas < 2 µS. Pada tahun 2019 sistem demineralisasi ditambahkan kolom mixed bed yang dipasang setelah kolom kation dan anion. Hasil akhir keluaran sistem air bebas mineral menjadi rata-rata 0,23 µS tanpa dilakukan sirkulasi ulang. Kualitas air bebas mineral dengan konduktivitas rata-rata 0,23 µS ini memenuhi syarat untuk proses pengolahan limbah radioaktif cair secara evaporasi.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Uncontrolled Keywords: Uji fungsi, mixed bed, konduktivitas
Subjects: Taksonomi BATAN > Daur Bahan Bakar Nuklir dan Bahan Maju > Limbah Radioaktif > Teknik Pengolahan Limbah Radioaktif
Taksonomi BATAN > Daur Bahan Bakar Nuklir dan Bahan Maju > Limbah Radioaktif > Teknik Pengolahan Limbah Radioaktif
Taksonomi BATAN > Daur Bahan Bakar Nuklir dan Bahan Maju > Limbah Radioaktif > Teknik Dekomisioning
Taksonomi BATAN > Daur Bahan Bakar Nuklir dan Bahan Maju > Limbah Radioaktif > Teknik Dekomisioning
Divisions: BATAN > Pusat Teknologi Limbah Radioaktif
IPTEK > BATAN > Pusat Teknologi Limbah Radioaktif
Depositing User: Mr Moh Widya -
Date Deposited: 14 Dec 2022 03:52
Last Modified: 22 Jan 2023 00:40
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/13718

Actions (login required)

View Item
View Item