Kegiatan dismantling dan repatriasi Zat radioktif terbungkus yang tidak digunakan pada tahun 2018

Moch, Romli and Suhartono, Suhartono and Ayi, Muziyawati and Husen, Zamroni (2020) Kegiatan dismantling dan repatriasi Zat radioktif terbungkus yang tidak digunakan pada tahun 2018. In: Hasil Penelitian dan Kegiatan Pusat Teknologi Limbah Radioaktif Tahun 2019, 25 - 26 Agustus 2020., Serpong.

[thumbnail of Prosiding_Moch_PTLR_2020.pdf] Text
Prosiding_Moch_PTLR_2020.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

United States Department of Energy (US DOE) melalui OffSite Source Recovery Project, pada tahun 2018 melakukan kegiatan dismantling dan repatriasi beberapa zat radioaktif terbungkus (kategori 3-5) produksi perusahaan asal Amerika Serikat yang telah dilimbahkan ke Pusat Teknologi Limbah Radioakif (PTLR) BATAN. Proyek ini bertujuan untuk mencegah potensi penyalahgunaan zat radioaktif terbungkus yang tidak digunakan (ZRTTD) yang dapat menimbulkan masalah keamanan, kesehatan, dan keselamatan masyarakat serta lingkungan. Tujuan penulisan makalah ini adalah sebagai dokumentasi kegiatan sebagai pedoman atau referensi untuk kegiatan sejenis di kemudian hari. Penulisan makalah ini menggunakan metode deskriptif untuk menjelaskan kegiatan yang dilakukan. Hasil kegiatan bersama US DOE ini adalah dapat dilakukan dismantling dan repatriasi sumber radioaktif Am241Be sebanyak 38 (tiga puluh delapan) buah dengan aktivitas total ± 193,52 Ci dan sumber radioaktif Cs-137 sebanyak 9 (sembi Ian) buah dengan aktivitas total ± 0,075 Ci. Kegiatan dismantling sendiri dilakukan dengan selamat dan aman, dengan indikasi penerimaan dosis radiasi tertinggi yang diterima oleh tenaga ahli sebesar 0,23 mSv. Pada minggu keempat bulan September 2018 paket ZRTTD terse but dikirimkan melalui kargo Korean Airlines dari bandara Soekarno Hatta Jakarta, dan dikonfirmasi diterima oleh pihak US-DOE pada tanggal I November 2018. Kegiatan dismantling dan repatriasi yang dilakukan ini berjalan lancar dan memberikan pengalaman yang berharga, khususnya bagi PTLR.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Uncontrolled Keywords: US-DOE, ZRTTD, Dismantling, Repatriasi, Am241-Be, Cs-137
Subjects: Taksonomi BATAN > Daur Bahan Bakar Nuklir dan Bahan Maju > Limbah Radioaktif > Teknik Pengolahan Limbah Radioaktif
Taksonomi BATAN > Daur Bahan Bakar Nuklir dan Bahan Maju > Limbah Radioaktif > Teknik Pengolahan Limbah Radioaktif
Divisions: BATAN > Pusat Teknologi Limbah Radioaktif
IPTEK > BATAN > Pusat Teknologi Limbah Radioaktif
Depositing User: Mr Moh Widya -
Date Deposited: 12 Dec 2022 05:44
Last Modified: 12 Dec 2022 05:44
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/13692

Actions (login required)

View Item
View Item