Pengolahan limbah radioaktif semi cair dengan metode sementasi

Mas Udi and Bambang Sugito and Budiono and Djoko Purwanto (2020) Pengolahan limbah radioaktif semi cair dengan metode sementasi. In: Hasil Penelitian dan Kegiatan Pusat Teknologi Limbah Radioaktif Tahun 2019, 25 - 26 Agustus 2020., Serpong.

[thumbnail of Prosiding_Mas_PTLR_2020.pdf] Text
Prosiding_Mas_PTLR_2020.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Telah dilakukan pengolahan limbah resin yang berasal dari proses penukar ion. Limbah resin adalah resin yang sudah jenuh akibat digunakan untuk menangkap ion-ion aktif pada proses pemurnian air pendingin reaktor, disamping itu juga resin bekas yang berasal dari proses pengolahan limbah radioaktif cair dari Pusat Teknologi Limbah Radioaktif (PTLR). Limbah resin bekas diimobilisasi melalui proses pemadatan menggunakan matriks semen, agar mudah dalam penyimpanan, monitoring serta menjamin keselamatan pekerja dan lingkungan. Resin bekas dimasukkan dalam shell beton 950 I selanjutnya diimobilisasi menggunakan semen Portland tipe 1 dan pasir dengan perbandingan 600 kg semen dan 400 kg pasir. Pengambilan sampel adonan campuran resin bekas, semen dan pasir diperlukan untuk mengetahui kuat tekan dan densitas hasil adonan tersebut. Sebelum dibawa ke fasilitas penyimpanan sementara, shell beton diberi label yang berisi paparan radiasi permukaan, paparan radiasi pada jarak 1m, asal limbah dan tanggal proses. Selama Tahun 2019 telah diimobilisasi sebanyak 795 liter resin bekas dan 235 liter konsentrat hasil proses evaporasi limbah radioaktif cair di dalam 4 buah shell beton 950 I.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Uncontrolled Keywords: Imobilisasi limbah radioaktif, Sementasi, Shell beton, Resin bekas
Subjects: Taksonomi BATAN > Daur Bahan Bakar Nuklir dan Bahan Maju > Limbah Radioaktif > Teknik Pengolahan Limbah Radioaktif
Taksonomi BATAN > Daur Bahan Bakar Nuklir dan Bahan Maju > Limbah Radioaktif > Teknik Pengolahan Limbah Radioaktif
Divisions: BATAN > Pusat Teknologi Limbah Radioaktif
IPTEK > BATAN > Pusat Teknologi Limbah Radioaktif
Depositing User: Mr Moh Widya -
Date Deposited: 12 Dec 2022 06:04
Last Modified: 12 Dec 2022 07:23
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/13689

Actions (login required)

View Item
View Item