Pengaruh contextual teaching and learning terhadap hasil belajar pembelajaran tematik SD Islam Insan Kamil Tuban

Camila Fatah Suroyya (2022) Pengaruh contextual teaching and learning terhadap hasil belajar pembelajaran tematik SD Islam Insan Kamil Tuban. Islamic Elementary Education Journal (IEEJ), 1 (1): 3. pp. 37-44. ISSN 2830-3792

[thumbnail of Jurnal_Camila_STAI Al Anwar Sarang_2022.pdf]
Preview
Text
Jurnal_Camila_STAI Al Anwar Sarang_2022.pdf - Published Version

Download (497kB) | Preview

Abstract

Siswa sering kali hanya menerima materi pembelajaran melalui apa yang diucapkan guru saja tanpa mengetahui secara langsung. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) pada hasil belajar pembelajaran tematik siswa kelas IV SD Islam Insan Kamil Tuban. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan penelitian eksperimen. Desain penelitian yang digunakan adalah pre-test dan post-test control group design. Populasi pada penelitian ini yaitu siswa kelas IV SD Islam Insan Kamil, sedangkan sampel pada penelitian ini adalah 25 siswa kelas IV B sebagai kelas kontrol dan 25 siswa kelas IV C sebagai kelas eksperimen pada tahun ajaran 2019/2020 semester II. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes. Data yang telah diperoleh pada penelitian ini selanjutnya dianalisis menggunakan aturan rerata gain (N-gain). Hasil penelitian menunjukan bahwa nilai N-gain kelas kontrol sebesar 0,279 dan kelas eksperimen sebesar −0,463. Hal ini dapat disimpulkan bahwa tidak terdapat pengaruh hasil belajar pembelajaran tematik menggunakan model pembelajaran CTL pada siswa kelas IV SD Islam Insan Kamil Tuban.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Contextual teaching and learning, Learning outcomes, Thematic learning
Subjects: Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities
Depositing User: - Rulina Rahmawati
Date Deposited: 07 Dec 2022 07:27
Last Modified: 08 Dec 2022 02:18
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/13637

Actions (login required)

View Item
View Item