Analisis polarisasi dan fungsi transfer emisi sinyal ULF dan kaitannya dengan gempa Aceh dan Nias

Sarmoko Saroso (2009) Analisis polarisasi dan fungsi transfer emisi sinyal ULF dan kaitannya dengan gempa Aceh dan Nias. In: Geomagnet dan Magnet Antariksa. Massma Publishing, Jakarta, pp. 88-94.

[thumbnail of Bunga rampai_Sarmoko Saroso_Hal. 88-94_2009.pdf]
Preview
Text
Bunga rampai_Sarmoko Saroso_Hal. 88-94_2009.pdf

Download (437kB) | Preview

Abstract

Anomali sinyal ULF pada variasi medan geomagnet adalah merupakan salah satu fenomena yang diyakini kebenarannya dalam studi elektromagnetik yang berhubungan dengan kejadian gempa bumi, seperti terjadinya emisi dari kerak bumi ying berasal dari sumber gempa. Dari studi terdahulu telah banyak ditemukan pertanda anomali sinyal ULF sebelum kejadian gempa bumi berskala besar. Untuk membuktikan kebenaran fenomena tersebut dan untuk menjelaskan hubungan antara fenomena elektromagnetik dan mekanisme fisis yang mungkin terkait, telah dilakukan analisis data geomagnet di Kototabang dan Biak yang berhubungan dengan kejadian gempa Sumatra. Studi kasus dilakukan untuk mengamati anomali sinyal ULF yang berhubungan dengan gempa Aceh yang terjadi pada tanggal 26 Desember 2004 (magnitudo Mw= 9.0 dan kedalaman = 30 km, dari katalog USGS) dan gempa Nias yang terjadi pada tanggal 28 Maret 2005 (magnitudo Mw= 8.7 dan kedalaman = 30 km). Dalam menentukan anomali emisi sinyal ULF digunakan dua metoda, yaitu analisis polarisasi dan analisis fungsi transfer berbasis transformasi wavelet. Hasil yang diperoleh menunjukkan bahwa anomali yang ditentukan dengan menggunakan kedua metoda tersebut mempunyai variasi amplitudo yang saiaa. Variasi tersebut teramati di Kototabang beberapa minggu sebelum kejadian gempa berskala besar dengan M>6.5, sedangkan data di Biak tidak terlihat adanya perubahan. Hal ini menunjukkan bahwa anomali yang teramati tersebut merupakan sinyal yang kemungkinan besar berhubungan dengan fase awal terjadinya gempa Sumatera.

Item Type: Book Section
Uncontrolled Keywords: Anomali sinyal ULF, analisis polaridasi, analisis fungsi transfer
Subjects: Taksonomi LAPAN > Sains Antariksa dan Atmosfer > Penelitian, Pengembangan, dan Perekayasaan > Sains Antariksa > Dinamika Ionosfer dan Cuaca Antariksa
Divisions: LAPAN > Deputi Sains Antariksa Dan Atmosfer > Pusat Sains Antariksa
Depositing User: - Dina -
Date Deposited: 06 Dec 2022 03:44
Last Modified: 06 Dec 2022 03:44
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/13586

Actions (login required)

View Item
View Item