Sintar, Nababan (2021) Pelayanan informasi di Lembaga Penyiaran Publik LPP TVRI Yogyakarta. Jurnal Ilmiah Manajemen Informasi dan Komunikasi, 5 (1): 3. pp. 24-38. ISSN p-ISSN 2614-1272, e-ISSN 2720-9857
5_1_2021_24-38_2614-1272-3.pdf
Download (643kB) | Preview
Abstract
TVRI sebagai lembaga penyiaran publik dapat merepresentasikan kepentingan informasi publik terutama dengan adanya Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID). Tujuan penelitian untuk menganalisis pelayanan informasi yang dilakukan LPP TVRI Yogyakarta dalam meningkatkan keterbukaan informasi publik. Pendekatan dalam penelitian menggunakan metode kualitatif dengan pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian adalah terdapat lima indikator dalam pelayanan TVRI Yogyakarta yaitu; 1) Transparansi dalam pelayanan informasi secara terbuka dan mudah diakses secara online dan offline (terrestrial); 2) Partisipasi masyarakat sudah aktif melalui media sosial dengan adanya interaksi secara langsung; 3) Kesamaan hak memberikan pelayanan informasi tanpa membedakan suku, agama, ras golongan, status sosial sesuai jangkauan siaran secara merata tanpa membedakan daerah; 4) Kondisional yaitu pelayanan informasi dapat berubah sesuai dengan kondisi masyarakat; 5) Keseimbangan hak dan kewajiban memberikan kesempatan bagi masyarakat untuk mendapatkan informasi yang berkualitas. Hasil penelitian ini berupa rekomendasi kepada LPP TVRI Yogyakarta yaitu perlu meningkatkan kompetensi SDM di bidang teknologi informasi komunikasi (TIK) agar dapat memberikan pelayanan informasi menggunakan aplikasi yang sesuai standar Komisi Informasi Pusat.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Public service, TVRI Public Broadcasting Institution |
Subjects: | Administration & Management > Public Administration & Government |
Depositing User: | - siti Elly |
Date Deposited: | 28 Nov 2022 09:02 |
Last Modified: | 28 Nov 2022 09:02 |
URI: | https://karya.brin.go.id/id/eprint/13482 |