Perilaku caring perawat di ruang rawat inap di Rumah Sakit Suaka Insan Banjarmasin 2020

Chrisnawati, Chrisnawati and Maria Cardoso, Lima and Bernadeta, Trihandini and Anastasia, Maratning (2020) Perilaku caring perawat di ruang rawat inap di Rumah Sakit Suaka Insan Banjarmasin 2020. Journal of Nursing Invention, 1 (2): 3. pp. 99-106. ISSN 2828-481X

[thumbnail of Chrisnawati _Jurnal_010199106.pdf]
Preview
Text
Chrisnawati _Jurnal_010199106.pdf

Download (254kB) | Preview

Abstract

Latar Belakang: Pada era globalisasi, tuntutan masyarakat terhadap pelayanan kesehatan yang memadai semakin meningkat dan memacu rumah sakit untuk memberikan layanan terbaik agar tidak dimarginalkan oleh masyarakat. Caring sebagai dasar dan sentral dalam praktek keperawatan. Manfaat Caring sangat penting dalam pemberian pelayanan keperawatan yang didasari oleh perilaku caring perawat mampu meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan.Transpersonal caring mengakui kesatuan dalam hidup dan hubungan-hubungan yang terdapat dalam lingkaran caring yang konsentrik dari individu, pada orang lain, pada masyarakat, pada dunia, pada bumi dan pada alam semesta. Tujuan: Untuk mengetahui “Bagaimana Gambaran Perilaku Caring Perawat di Ruang Rawat Inap di Rumah Sakit Suaka Insan Banjarmasin Tahun 2020”. Metode: Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Sampelnya adalah seluruh pasien yang berjumlah 95 responden. Alat ukur berupa kuesioner.Analisa univariat dengan distribusi frekuensi.Teknik sampling dengan Purposive sampling. Hasil: Berdasarkan hasil penelitian diperoleh (1) Karakteristik responden berdasarkan jenis kelamin mayoritas adalah perempuan (52,6 %), (2) berdasarkan usia mayoritas usia 31-50 tahun (41 %), (3) berdasarkan tingkat pendidikan adalah mayoritas SMA (49,4 %), (4) berdasarkan rasa hormat adalah baik (62%), (5) berdasarkan kehadiran adalah baik (62%), (6) berdasarkan hubungan yang positif adalah baik (79%), (7) berdasarkan memiliki pengetahuan dan ketrampilan yang professional adalah baik (85%), (8) berdasarkan perhatian dengan pengalaman orang lain adalah baik ( 94 %), (9) berdsarkan keseluruhan kategori adalah baik (71%). Kesimpulan: Gambaran Perilaku Caring Perawat di Ruang Rawat Inap di Rumah Sakit Suaka Insan Banjarmasin 2020 adalah baik (71%) dan diharapkan perawat dapat mempertahankan dan meningkatkan kualitas pelayanan dalam perilaku caring.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Perilaku, Perawatan rawat inap, Caring.
Subjects: Health Resources > Health Services
Depositing User: - Ludya Arica
Date Deposited: 28 Nov 2022 08:09
Last Modified: 28 Nov 2022 08:09
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/13442

Actions (login required)

View Item
View Item