Rancangbangun osilator untuk pembangkit pulsa eddy current testing menggunakan <i>direct digital synthesis<i> berbasis arduino

Yadi, Yunus and Budi, Suhendro and Diana, Anidza Fikri and Tasih, Mulyono and Haerul, Ahmadi (2019) Rancangbangun osilator untuk pembangkit pulsa eddy current testing menggunakan <i>direct digital synthesis<i> berbasis arduino. In: Seminar Nasional Infrastruktur Energi Nuklir 2019, 10 Oktober 2019, Pontianak.

[thumbnail of Prosiding_Yadi Yunus_STTN_2019.pdf] Text
Prosiding_Yadi Yunus_STTN_2019.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (515kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk membuat osilator untuk pembangkit pulsa Eddy Current Testing menggunakan komponen mudah di pasaran sehingga lebih mudah dalam operasional, perawatan, perbaikan serta harga lebih terjangkau. Pembangkitan pulsa tersebut menggunakan modul Direct Digital Synthesis (DDS) AD9850 dengan sistem kontrol Arduino Uno. Arduino Uno digunakan untuk memprogram nilai frekuensi yang akan disalurkan menuju modul DDS, kemudian modul DDS akan membangkitkan pulsa sesuai frekuensi yang telah diatur. Nilai frekuensi yang dibangkitkan akan ditampilkan pada LCD. Adapun sinyal input osilator yang dibuat berasal dari rotary switch dan potensiometer. Rotary switch berfungsi sebagai digital input, sedangkan potensiometer sebagai analog input. Nilai frekuensi yang akan keluar merupakan hasil pembacaan analog input dikalikan dengan nilai digital input. Hasil penelitian ini yaitu terdapat 2 buah keluaran osilator yaitu sebelum penguatan dan setelah penguatan amplitudo. Sebelum penguatan amplitudo, osilator mampu membangkitkan frekuensi dari 10 Hz-11 MHz dengan frekuensi cut off 11 MHz dan amplitudo sebesar 1,02 Vpp. Sedangkan ketika amplitudo telah dikuatkan, osilator mampu membangkitkan frekuensi 10 Hz-85 kHz dengan frekuensi cut off 85 kHz pada gain tertinggi serta memiliki amplitudo adjustable yaitu 1,04 Vpp-3,2 Vpp. Adapun sebelum penguatan amplitudo, gelombang sinus sempurna mampu dikeluarkan sampai frekuensi tertinggi yaitu 15 MHz, sedangkan setelah penguatan amplitudo, gelombang sinus sempurna yang mampu dikeluarkan hanya sampai pada frekuensi 1 MHz.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Uncontrolled Keywords: eddy current testing (ECT), oscillator, direct digital synthesis, arduino
Subjects: Taksonomi BATAN > Isotop dan Radiasi > Produksi Isotop dan Sumber Radiasi > Akselerator
Taksonomi BATAN > Rekayasa Perangkat dan Fasilitas Nuklir > Elektromekanik dan Kendali
Taksonomi BATAN > Rekayasa Perangkat dan Fasilitas Nuklir > Elektromekanik dan Kendali
Divisions: BATAN > Sekolah Tinggi Teknologi Nuklir
IPTEK > BATAN > Sekolah Tinggi Teknologi Nuklir
Depositing User: Mrs Hanida -
Date Deposited: 22 Nov 2022 08:59
Last Modified: 22 Nov 2022 08:59
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/13403

Actions (login required)

View Item
View Item