Paparan radiasi alami di daerah Ujung Lemahabang Semenanjung Muria Jawa Tengah

Nasrun, Syamsul and M., Syamsul Hadi (1998) Paparan radiasi alami di daerah Ujung Lemahabang Semenanjung Muria Jawa Tengah. In: Prosiding Seminar Pranata Nuklir dan Litkayasa, PPBGN-BATAN.

[thumbnail of Prosiding_Nasrun Syamsul_PPBGN_1998.pdf]
Preview
Text
Prosiding_Nasrun Syamsul_PPBGN_1998.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (6MB) | Preview
Official URL: http://-

Abstract

Rencana lokasi terpilih PLTN yang akandibangun terletak disekitar pantai Ujung Lemahabang Semenanjung Muria, Jawa Tengah.Dalam rangka antisipasi kemungkinan terjadinya perubahan radiasi karena pembangunanPLTN, perlu dipersiapkan data awal paparan radiasi alami di daerah tersebut. Telah dilakukan pengukuran paparan radiasi alami dengan alat Ion Chamber survai meter mode 450P Victoreen, diukur pada lokasi dengan spasi jarak 1 km. Di setiap lokasi diukur pada empat arah mata angin utara, timur, selatan dan barat masing - masing selama tiga menit. Nilai yang sering muncul pada setiap arah dirata-ratakan dan dihitung secara statistik diperoleh kelas interval. Pada peta setiap kelas interval digambar dengan simbul garis dalam satuan milimeter. Diperoleh lima kelas interval yaitu (1) < 0,12 &pi; Sv/jam, (2) 0,12 - 0,16 &pi; Sv/jam (3) 0,17 - 0,20 &pi; Sv/jam (4) 0,21 - 0,24 &pi; Sv/jam (5) > 0,24 &pi; Sv/jam. Kelas interval (3) adalah anomali ke II, dan kelas interval (4) dan (5) adalah anomali I (utama). Besaran paparan radiasi ini erat kaitannya dengan batuan dan tanah hasil pelapukan batuan yang mengandung uranium dan thorium serta unsur radioaktif lainnya. Pada peta terlihat bahwa frekuensi besaran paparan radiasi alami yang termasuk anomali I dan II di daerah penelitian adalah pengukuran pada arah utara, sehingga dapat diduga bahwa sumber radiasi terdapat pada batuan dan tanah hasil pelapukan batuan di daerah penelitian cenderung tertransportasi dan terendapkan ke arah utara.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Subjects: Taksonomi BATAN > Keselamatan dan Keamanan Nuklir > Keselamatan Radiasi dan Kesehatan kerja > Dosimetri Radiasi
Taksonomi BATAN > Keselamatan dan Keamanan Nuklir > Keselamatan Radiasi dan Kesehatan kerja > Dosimetri Radiasi
Divisions: BATAN > Pusat Teknologi Bahan Galian Nuklir
IPTEK > BATAN > Pusat Teknologi Bahan Galian Nuklir
Depositing User: - Rahmahwati -
Date Deposited: 23 Nov 2022 02:59
Last Modified: 23 Nov 2022 02:59
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/13267

Actions (login required)

View Item
View Item