Promosi ekspor barang-barang manufaktur Indonesia di pasar Jepang (suatu peluang)

I Gde, Wilastra (1988) Promosi ekspor barang-barang manufaktur Indonesia di pasar Jepang (suatu peluang). Majalah BPPT (XXIII): 5. pp. 43-53. ISSN 0216 - 6569

[thumbnail of XXIII19884353_0216-6569.pdf]
Preview
Text
XXIII19884353_0216-6569.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (464kB) | Preview

Abstract

Ketidak menentuan harga minyak mentah dipasaran dunia mengakibatkan penerimaan expor Indonesia dari sektor ini dalam tahun-tahun terakhir menurun dengan drastis. Sehingga sudah selayaknya pemerintah berusaha meningkatkan expor komoditi non migas secara bersungguh-sungguh dengan melaksanakan perluasan pasar baik kenegara-negara sedang berkembang maupun maju. Sejalan dengan kebijaksanaan terse but, kalau kita amati partner dagang Indonesia, Jepang merupakan negara yang sangat potensial. Negara sakura ini dalam dekade terakhir mampu menyerap tidak kurang dari 40% seluruh komoditi expor Indonesia. Sehubungan dengan kondisi tersebut, sangat menarik untuk dikaji jenis-jenis komoditi non migas Indonesia yang dapat dipromosikan dan berapa besar potensi pasarnya di Jepang.

Item Type: Article
Subjects: Economics and Business > Domestic Commerce, Marketing, & Economics
Depositing User: - Hadiyati -
Date Deposited: 10 Nov 2022 05:30
Last Modified: 17 Nov 2022 03:43
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/12990

Actions (login required)

View Item
View Item