Penerapan strategi pembelajaran learning starts with a question dalam meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas IV SD Negeri 18 Ujung Kecamatan Ma’rang Kabupten Pangkep

Salma, Salma and Muhammad, Azis and Husain., As (2022) Penerapan strategi pembelajaran learning starts with a question dalam meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas IV SD Negeri 18 Ujung Kecamatan Ma’rang Kabupten Pangkep. Jurnal Penelitian Multidisiplin Ilmu, 1 (2): 9. pp. 115-134. ISSN 2962-794X

[thumbnail of Penelitian Multidisiplin Ilmu_Salma_Universitas Patompo Makassar_2022.pdf]
Preview
Text
Penelitian Multidisiplin Ilmu_Salma_Universitas Patompo Makassar_2022.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (403kB) | Preview

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasilbelajar IPS siswa di kelas IV SD Negeri 18 Ujung Kecematan Ma’rang Kabupten Pangkep. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu Bagaimana menerapkan strategi pembelajaran Learning Starts With A Question dalam meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas IV SD Negeri 18Ujung Kecematan Ma’rang Kabupten Pangkep?. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendetesiskan penerapan strategi pembelajaran Learning Starts With A Question dalam meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas IV SD Negeri 18 Ujung Kecematan Ma’rang Kabupten Pangkep. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif.Jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas yang berdaur ulang yang terdiri atas perencanaan, pelaksanaan,pengamatan dan refleksi. Fokus penelitian yaitu penerapan starategi pembelajaran Learning Starts With A Question dan hasil belajar IPS. Setting penelitian ini dilaksanakan di kelasIV SD Negeri 18 Ujung Kecematan Ma’rang Kabupten Pangkep adapun subjek penelitian yaitu siswa kelas IVsebanyak 20 orang. Data diperoleh melalui observasi, tes,dokumentasi dan wawancara. Teknik analisis data meliputi tahap seleksi, tahap pemaparan dan tahap penyimpulan.Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya peningkatan dari pelaksanaan proses pembelajaran dari aktivitas mengajar guru dan aktivitas belajar siswa pada siklus Ikualifikasi cukup menjadi kualifikasi baik pada siklus II sehingga standar ketuntasan hasil belajar dapat tercapai.Kesimpulan hasil penelitian adalah strategi pembelajaran Learning Starts With A Question dapat meningkatkan hasilbelajar IPS siswa kelas IV SD Negeri 18 Ujung Kecematan Ma’rang Kabupten Pangkep.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: hasil belajar IPS, learning starts with question, strategi pembelajaran
Subjects: Social and Political Sciences > Psychology
Social and Political Sciences > Social Concerns
Depositing User: - Yayan Sofyan
Date Deposited: 19 Nov 2022 02:27
Last Modified: 11 Jan 2023 14:57
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/12971

Actions (login required)

View Item
View Item