Implementasi bimbingan belajar membaca menulis berhitung kelas III Madrasah Ibtidaiyah Darurrohman Kertanegara Haurgeulis

Salmiah and Abdur Rahim (2022) Implementasi bimbingan belajar membaca menulis berhitung kelas III Madrasah Ibtidaiyah Darurrohman Kertanegara Haurgeulis. Jurnal Penelitian Multidisiplin Ilmu, 1 (2): 6. pp. 83-96. ISSN 2962-794X

[thumbnail of Penelitian Multidisiplin Ilmu _Salmiah_Institut Agama Islam Az-Zaytun Indonesia (IAI AL-AZIS) Indramayu_2022.pdf]
Preview
Text
Penelitian Multidisiplin Ilmu _Salmiah_Institut Agama Islam Az-Zaytun Indonesia (IAI AL-AZIS) Indramayu_2022.pdf

Download (331kB) | Preview

Abstract

Dalam kehidupan sehari-hari terutama di sekolah, membaca menulis dan berhitung adalah pondasi atau dasar dalam pembelajaran, agar siswa dapat memahami pembelajaran dengan baik. Bila siswa tidak dapat membaca menulis dan berhitung dengan baik, maka siswa tidak dapat mengikuti pembelajaran ke tingkat yang lebih tinggi, karena membaca menulis dan berhitung merupakan dasar bagi seseorang untuk menerima sebuah materi pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan bimbingan belajar siswa yang kesulitan belajar membaca, menulis, dan berhitung di kelas III Madrasah Ibtidaiyah Darurrohman Kertanegara Haurgeulis dan untuk mendeskripsikan serta menjelaskan faktor pendukung dan penghambat pelaksanaan bimbingan belajar siswa kelas III Madrasah Ibtidaiyah Darurrohman Kertanegara Haurgeulis. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa siswi kelas III MI Darurrohman Kertanegara Haurgeulis.Hasil penelitian di lapangan tentang implementasi bimbingan belajar membaca, menulis dan berhitung di kelas III Madrasah Ibtidaiyah Darurrohman Kertanegara Haurgeulis menunjukkan bahwa: (1) Pelaksanaan bimbingan belajar membaca, menulis, dan berhitung di kelas III Madrasah Ibtidaiyah Darurrohman Kertanegara sudah dilaksanakan dengan baik namun belum sesuai dengan konsep bimbingan belajar yang seharusnya. Dalam pelaksanaan bimbingan belajar guru menggunakan metode perbaikan dan pengayaan; (2) Faktor pendukung pelaksanaan bimbingan belajar siswa adalah disiapkannya sarana dan prasarana serta kesukarelaan guru wali kelas dan guru bimbingan untuk melakukan bimbingan, sedangkan faktor penghambat terlaksananya bimbingan belajar karena kurangnya motivasi belajar siswa serta dukungan keluarga/orangtua.

Item Type: Article
Subjects: Social and Political Sciences
Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities
Depositing User: - Yayan Sofyan
Date Deposited: 24 Nov 2022 02:46
Last Modified: 24 Nov 2022 02:46
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/12968

Actions (login required)

View Item
View Item