Faktor-faktor penentu profitabilitas return on average asset pada bank umum yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI)

Viladelva, Vio Vieresta Saras Manu (2022) Faktor-faktor penentu profitabilitas return on average asset pada bank umum yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI). Jurnal Finansial dan Perbankan, 1 (2): 2. pp. 95-123. ISSN 2828-3872

[thumbnail of Jurnal_Viladelva_Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Pelita Harapan_2022.pdf]
Preview
Text
Jurnal_Viladelva_Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Pelita Harapan_2022.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (584kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui faktor-faktor penentu profitabilitas return on average asset bank seperti size, capad, bcost, dan risk pada 46 bank umum yang terdapat di CapitalIQ dengan jangka waktu bulanan dalam kurun waktu 2010–2020. Metode analisis data yang digunakan yaitu uji chow, uji hausman, uji langrage multiplier, serta uji diagnostik (uji heterokedastisitas, uji asumsi klasik dan Uji pesaran). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Size tidak berdampak karena tidak signifikan terhadap profitabilitas return on average asset (2) Capad tidak berdampak karena tidak signifikan terhadap profitabilitas return on average asset (3) Bcost berdampak negatif tetapi signifikan karena mempengaruhi kenaikan profitabilitas return on average asset, dan (4) Risk tidak mempunyai dampak dan tidak signifikan terhadap profitablitas return on average asset.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Profitabilitas, Return on average asset, Size, Capad, BCost, Risk
Subjects: Economics and Business > Domestic Commerce, Marketing, & Economics
Economics and Business > Banking & Finance
Depositing User: - Diana Permata Sari
Date Deposited: 08 Nov 2022 12:41
Last Modified: 08 Nov 2022 12:41
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/12876

Actions (login required)

View Item
View Item