Karya tulis ilmiah: sosialisai penulisan dan publikasi bagi guru-Guru se-kecamatan Amanuban Tengah

Alosius Loka Son and Oktovianus Mamoh and Selestina Nahak and Justin Eduardo Simarmata (2022) Karya tulis ilmiah: sosialisai penulisan dan publikasi bagi guru-Guru se-kecamatan Amanuban Tengah. Jurnal Pengabdian Sains dan Humaniora, 1 (1): 1. pp. 1-9. ISSN 2961-7901

[thumbnail of 1_1_2022_1-9_2961-7901-1.pdf]
Preview
Text
1_1_2022_1-9_2961-7901-1.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (490kB) | Preview

Abstract

Kenyataan menunjukkan bahwa tidak sedikit jumlah guru yang kandas dalam mengurus kenaikan pangkat/golongan mereka. Penyebabnya adalah keterbatasan keterampilan dan pengalaman guru dalam menulis serta publikasi karya ilmiah. Karena itu, dipandang perlu dilakukannya sosialisasi untuk membekali pemahaman guru-guru di Kecamatan Amanuban Tengah tentang penulisan dan publikasi karya ilmiah. Kegiatan sosialisasi ini dilakukan selama 1 hari bertempat di Aula SMP St. Aloysius Niki-Niki. Metode yang digunakan adalah ceramah dan diskusi. Dampak dari kegiatan pengabdian ini adalah peserta dapat memahami konsep dan sistematika PTK, karakteristik masalah-masalah PTK, trik mencari referensi artikel ilmiah yang berkualitas dan cara menggunakan aplikasi mendeley, serta konsep dan sistematika artikel ilmiah dan trik mencari jurnal sasaran publikasi. Direkomendasikan agar kegiatan serupa pada kesempatan lain, tidak sebatas sosialisasi, tetapi dilakukan tindak lanjut berupa pelatihan/workshop atau pendampingan lanjutan tentang pembuatan proposal PTK, pelaksanaan PTK di sekolah, penyusunan laporan PTK, hingga pendampingan menulis dan publikasi artikel ilmiah.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Karya tulis ilmiah; Sosialisasi; Publikasi
Subjects: Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities
Depositing User: - Arvy Firmansyah
Date Deposited: 07 Nov 2022 06:55
Last Modified: 07 Nov 2022 06:57
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/12808

Actions (login required)

View Item
View Item