Perkembangan kedai kopi & mocktail menjadi peluang usaha untuk kalangan muda di Kota Gorontalo

Melinda, Lestari Modjo and Krishan, Anugrah and Putri, Femirawaty Ahmad (2022) Perkembangan kedai kopi & mocktail menjadi peluang usaha untuk kalangan muda di Kota Gorontalo. Jurnal Darmawisata, 1 (2): 4. pp. 51-57. ISSN 2798-8201

[thumbnail of Jurnal_Meilinda_Universitas Negeri Gorontalo_2022.pdf]
Preview
Text
Jurnal_Meilinda_Universitas Negeri Gorontalo_2022.pdf - Published Version

Download (635kB) | Preview

Abstract

Peluang usaha kedai kopi dan mocktail saat ini mejadi salah satu usaha yang memiliki prospek yang cukup baik. Produk yang ditawarkan oleh kedai-kedai kopi dan mocktail saat ini banyak menarik minat, sehingga pasar yang dimiliki bukan hanya oleh kalangan tertentu saja akan tetapi juga di minati oleh semua kalangan. Pembeli minuman kedai-kedai tersebut berasal dari kalangan pelajar hingga pekerja kantoran. Seperti kota lainnya kedai-kedai minuman ini juga tumbuh di Kota Gorontalo dengan cukup pesat terutama dikawasan tertentu di Kota Gorontalo. Kota Gorontalo sebagai pusat perekonomian di Provinsi Gorontalo dan juga terdapat beberapa Universitas yang besar yang letaknya tidak berjauhan antara satu dengan yang lainnya. Hasil penelitian menemukan bahwa usaha kedai kopi dan mocktail termasuk usaha mikro kecil dan menengah yang mana tidak memerlukan modal besar dalam membuatnya dan tidak diperlukan perijinan seperti usaha lain berskala besar. Hal ini menjadi minat pengusaha dalam bidang kedai minuman untuk berwirausaha, sehingga terus tumbuh dan berkembang. Kesimpulan yang didapat bahwa sebagian besar konsumen yang merupakan pencinta dan penikmat minuman kopi & mocktail adalah yang berusia muda antara 15 – 45 tahun, baik berstatus sebagai pelajar dan mahasiswa maupun sebagai perkerja/karyawan, sehingga konsumen diusia ini menjadi target pasar utama dari jenis usaha kecil ini. Konsumen pada rentang usia ini merupakan konsumen yang aktif, dengan tingkat kesibukan yang cukup tinggi serta memiliki gaya hidup modern mengikuti trend masa kini, dan ketergantungan mereka pada produk minuman-minuman seperti ini pun cukup tinggi.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: tavern; coffee; mocktail; entrepreneur; young
Subjects: Economics and Business > Domestic Commerce, Marketing, & Economics
Depositing User: Saepul Mulyana
Date Deposited: 14 Nov 2022 03:48
Last Modified: 14 Nov 2022 04:20
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/12663

Actions (login required)

View Item
View Item