Pengabdian kepada masyarakat (PKM) bimbingan belajar bagi anak berkesulitan belajar di SD 044833 Narigunung II Kecamatan Tiganderket Kabupaten Karo

Pelista, Br Karo Sekali and Jainab, Jainab and Elisa, Elisa (2022) Pengabdian kepada masyarakat (PKM) bimbingan belajar bagi anak berkesulitan belajar di SD 044833 Narigunung II Kecamatan Tiganderket Kabupaten Karo. Abdi Parahita, 1 (1): 8. pp. 60-66. ISSN 2962-6005

[thumbnail of Jurnal_Pelista Br Karo Sekali_Univ. Quality_2022.pdf]
Preview
Text
Jurnal_Pelista Br Karo Sekali_Univ. Quality_2022.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (675kB) | Preview

Abstract

Bimbingan belajar adalah proses bantuan kepada siswa baik secara individu maupun kelompok yang tidak mampu mengikuti pelajaran di sekolah meskipun kecerdasannya termasuk rata-rata, sedikit diatas rata-rata, sedikit di bawah rata-rata. Tujuan bimbingan belajar adalah membantu siswa dalam mencapai keberhasilan secara optimal. Melalui layanan bimbingan belajar maka siswa dapat secara terbuka memahami menerima kelebihan dan kekuranggannya, memahami kesulitan belajar, faktor penyebab dan bagaimana mengatasi kesulitan belajar. Dengan demikian salah satu alternatif mengatasi hal tersebut adalah diadakan bimbingan belajar bagi Anak berkesulitan belajar di SD044833 Narigunung II Kecamatan Tiganderket kabupaten Karo. Program ini merupakan kegiatan pengabdian masyarakat yang dilaksanakan dalam rangka meningkatkan mutu pendidikan. Program ini berlangsung dari 7, 14, 21 Maret 2020 dengan pembelajaran dikelas I, II, III pelatihan membaca, menulis, berhitung. Setelah sasaran memiliki kemampuan dan keterampilan dalam membaca, menulis dan berhitung maka dilaksanakan evalusi untuk mencapai tujuan pembelajaran. Kriteria keberhasilan program bimbingan belajar bagi siswa berkesulitan belajar dihasilkan dari terampil membaca, menulis, dan mampu berhitung sesuai dengan jenjang pendidikannya. Dalam program ini sasaran tidak hanya dibekali keterampilan membaca, menulis dan berhitung tetapi membantu siswa mengatasi masalah pribadi yang dihadapi, memberi kesempatan yang memadai agar siswa dapat belajar sesuai dengan karakteritik pribadi, mengevaluasi keberhasilan setiap langkah yang telah dilakukannya melalui prestasi belajar.

Kata Kunci: Bimbingan belajar, Membaca, Menulis, Berhitung, Prestasi optimal

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: tutoring; reading; writing; arithmetic; optimal achievement
Subjects: Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities
Depositing User: Djaenudin djae Mohamad
Date Deposited: 17 Nov 2022 08:24
Last Modified: 17 Nov 2022 08:24
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/12537

Actions (login required)

View Item
View Item