Pemilihan Lokasi Pembangunan Bandar Antariksa di Kabupaten Biak Numfor dan Kabupaten Pulau Morotai Ditinjau Dari Kelayakan Politis

Husni Nasution and Astri Rafikasari (2016) Pemilihan Lokasi Pembangunan Bandar Antariksa di Kabupaten Biak Numfor dan Kabupaten Pulau Morotai Ditinjau Dari Kelayakan Politis. In: Kajian Kebijakan Penerbangan dan Antariksa : Hukum, Politik, Sosio-Ekonomi Budaya Pertahanan Keamanan. LAPAN, Jakarta, pp. 144-163.

[thumbnail of Buku_Husni_KKPA_2016.pdf]
Preview
Text
Buku_Husni_KKPA_2016.pdf

Download (983kB) | Preview

Abstract

Hasil kajian awal yang telah dilakukan terhadap beberapa alternatif lokasi di wilayah kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) untuk pembangunan Bandar Antariksa, bahwa Kabupaten Biak Numfor dan Kabupaten Pulau Morotai merupakan wilayah yang paling baik untuk dijadikan suatu lokasi pembangunan Bandar Antariksa. Namun, kajian kelayakan politis terhadap kedua lokasi tersebut belum dilakukan. Makalah ini mengkaji dua alternatif lokasi pembangunan Bandar Antariksa tersebut ditinjau dari kelayakan politis. Tujuannya adalah memilih satu yang terbaik untuk dijadikan lokasi pembangunan Bandar Antariksa. Metoda yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dan dianalisis dengan deskriptif komparasi terhadap kedua alternatif lokasi tersebut yang ditinjau dari kelayakan politis. Data yang digunakan dalam kajian adalah data skunder yang diperoleh melalui studi kepustakaan dengan menggunakan berbagai referensi, baik media cetak maupun elektronik. Hasil analisis menunjukkan,bahwa ditinjau dari kelayakan politis bahwa lokasi di wilayah Kabupaten Pulau Morotai Maluku Utara lebih layak dipilih dibandingkan dengan wilayah di Kabupaten Biak Numfor Papua untuk pembangunan Bandar Antariksa.

Item Type: Book Section
Uncontrolled Keywords: Pemilihan Lokasi, Pembangunan Bandar Antariksa, Kelayakan Politis
Subjects: Taksonomi LAPAN > Kajian Kebijakan Penerbangan dan Antariksa > Kajian
Taksonomi LAPAN > Kajian Kebijakan Penerbangan dan Antariksa > Kajian > Politik Penerbangan dan Antariksa
Divisions: LAPAN > Sekretaris Utama LAPAN > Pusat Kajian Kebijakan Penerbangan Dan Antariksa
Depositing User: - Een Rohaeni
Date Deposited: 13 Sep 2022 04:58
Last Modified: 13 Sep 2022 09:54
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/11950

Actions (login required)

View Item
View Item