Investigasi Gaya Kontak/Impak Pada Main Landing Gear Pesawat Komuter Dengan Pendekatan Multi-Body Simulation (MBS) Rigid Models

Dony Hidayat and Jos Istiyanto and Danardono Agus Sumarsono and Aryandi Marta (2017) Investigasi Gaya Kontak/Impak Pada Main Landing Gear Pesawat Komuter Dengan Pendekatan Multi-Body Simulation (MBS) Rigid Models. Jurnal Teknologi Dirgantara, 15 (1). pp. 1-9. ISSN 1412-8063

[thumbnail of Jurnal TD_Aryandi_Pustekbang_2017.pdf]
Preview
Text
Jurnal TD_Aryandi_Pustekbang_2017.pdf

Download (868kB) | Preview

Abstract

Pengujian landing gear yang bertujuan untuk mengetahui karakteristik gaya kontak/impak yang terjadi saat touchdown landing telah dilakukan. Pengujian eksperimental menggunakan apparatus membutuhkan waktu yang lama dan biaya yang besar. Vitual Landing Gear Drop Test (vLGDT) menggunakan perangkat lunak MSC ADAMS merupakan salah satu alternatif untuk pengujian tahap awal landing gear. Dari simulasi menggunakan vLGDT diperoleh nilai k = 5.0e5 N/m dan cmax = 1600 N.detik/m. Gaya kontak/impak yang terjadi pada simulasi menggunakan vLGDT sebesar 75996 N, sedangkan dari eksperimental sebesar 73612 N. Hasil vLGDT lebih besar 3.14% dibandingkan eksperimental.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: contact/impact force, landing gear, drop test, multi-body simulation, rigid body
Subjects: Taksonomi LAPAN > Teknologi Penerbangan dan Antariksa > Penelitian, Pengembangan, Perekayasaan, dan Pemanfaatan > Teknologi Aeronautika
Divisions: LAPAN > Deputi Teknologi Penerbangan Dan Antariksa > Pusat Teknologi Penerbangan
Depositing User: Administrator Repository
Date Deposited: 05 Aug 2021 09:49
Last Modified: 18 Jul 2022 08:10
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/11409

Actions (login required)

View Item
View Item