Analisis Klaster Kandungan Kimia Air Hujan di Sebagian Wilayah Indonesia

Ai Citraningsih and Waluyo Eko Cahyono (2015) Analisis Klaster Kandungan Kimia Air Hujan di Sebagian Wilayah Indonesia. Prosiding Seminar Nasional Sains Atmosfer. pp. 14-19.

[thumbnail of Prosiding_Ai Citraningsih dk_PSTA_2015.pdf]
Preview
Text
Prosiding_Ai Citraningsih dk_PSTA_2015.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Salah satu sumber pencemar udara adalah kendaraan bermotor. Jenis gas pencemar yang bersumber dari kendaraan bermotor diantaranya adalah sulfat (SO4) dan nitrat (NO3). Kedua jenis gas tersebut dapat bereaksi secara kimia dengan udara sehingga menghasilkan hujan asam. Pada penelitian ini dilakukan pengelompokan stasiun pengamatan melalui analisis Master k-means berdasarkan jarak Euclidean. Pengelompokkan tersebut diharapkan dapat menjadi evaluasi, kelompok daerah mana yang memerlukan perhatian khusus karena memiliki karakteristik kandungan air hujan terutama sulfat dan nitrat yang tinggi. Berdasarkan hasil analisis dapat disimpulkan bahwa 21 stasiun pengamatan dapat dikelompokkan menjadi empat Master. Klaster yang memiliki rata-rata kandungan kimia yang paling tinggi adalah Master 2 yang beranggotakan 4 stasiun, dimana wilayah-wilayah tersebut dapat dikategorikan sebagai daerah (provinsi) yang memiliki jumlah kendaraan bermotor yang tinggi.

Item Type: Article
Additional Information: ISBN 978-979-1458-96-2
Uncontrolled Keywords: pencemaran udara, kendaraan bermotor, hujan asam, sulfat, nitrat, Master k-means
Subjects: Taksonomi LAPAN > Sains Antariksa dan Atmosfer > Penelitian, Pengembangan, dan Perekayasaan > Sains Teknologi Atmosfer > Lingkungan Atmosfer
Divisions: LAPAN > Deputi Sains Antariksa Dan Atmosfer > Pusat Sains dan Teknologi Atmosfer
Depositing User: Administrator Repository
Date Deposited: 16 May 2022 10:43
Last Modified: 18 Jul 2022 07:44
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/11135

Actions (login required)

View Item
View Item