Perhitungan Frekuensi Natural Mode Shape Torsi Pada Separuh Sayap Pesawat Udara N219

Sayuti Syamsuar and Adityo Suksmono and Muhajirin and Mohamad Ivan (2015) Perhitungan Frekuensi Natural Mode Shape Torsi Pada Separuh Sayap Pesawat Udara N219. In: UNSPECIFIED Indonesia Book Project/ Media Kita Group anggota IKAPI, pp. 12-20.

[thumbnail of Bunga Rampai_Sayuti _BPPT_2015.pdf]
Preview
Text
Bunga Rampai_Sayuti _BPPT_2015.pdf

Download (308kB) | Preview

Abstract

Penentuan frekuensi natural struktur sayap pesawat sangat diperlukan dalam analisis prestasi terbang flutter, karena fenomena flutter pada umumnya terjadi dekat dengan frekuensi natural pada struktur sayap pesawat udara. Metoda analisis yang sering digunakan oleh spesialis flutter PT. Dirgantara Indonesia dalam penentuan frekuensi natural adalah metoda Finite Element Method. Makalah ini mempresentasikan analisis komputasional frekuensi natural pada komponen sayap sebelah kanan dari pesawat udara N219 dengan menggunakan program Matlab. Analisis data yang dilakukan pada mode shape torsi perhitungan metoda Finite Element Method dihitung kembali dengan menggunakan piranti lunak Matlab sebagai pembanding. Data input yang digunakan pada perhitungan Matlab adalah, distribusi momen inersia pada sumbu y, panjang elemen sayap, distribusi luas penampang sayap, distribusi Inersia polar penampang sayap dan tegangan geser material sayap.

Item Type: Book Section
Uncontrolled Keywords: Frekuensi natural, Flutter, distribusi momen inersia
Subjects: Taksonomi LAPAN > Teknologi Penerbangan dan Antariksa > Penelitian, Pengembangan, Perekayasaan, dan Pemanfaatan > Teknologi Aeronautika
Depositing User: Administrator Repository
Date Deposited: 26 Mar 2021 00:43
Last Modified: 18 Jul 2022 08:10
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/11038

Actions (login required)

View Item
View Item