Pengelolaan reputasi pemanfaatan ilmu pengetahuan dan teknologi nuklir melalui media online

I Aeni Muharromah

Abstract


Reputasi merupakan konsep penting bagi organisasi, dibutuhkan waktu yang lama dan upaya berkesinambungan untuk membangunnya. Penggunaan media online dapat dimanfaatkan dengan baik oleh lembaga dalam rangka mengkounter terkait isu nuklir yang sangat sensitif di masyarakat. Penelitian inibertujuan untuk melihat bagaimana pemanfaatkan media online dalam penyebaran informasi mengenai Iptek Nuklir sebagai suatu upaya menjaga reputasi lembaga. Hasil tabulasi setiap berita yang terdiri atas menelaah berita dan mengklasifikasikan sifat pemberitaan yang bernilai positif, negatif dan netral sebagai bahan evaluasi yang dapat menjadi perhatian media. Dengan metode deskriptif-kualitatif, data pemberitaan media online selama tahun 2017 sebanyak 324 buah yang terdiri atas nilai positif 56%, netral 38% dan negatif sebanyak 7%.Adapun isu yang terbanyak adalah mengenai PLTN, diseminasi sosialisasi, aplikasi iptek nuklir bidang kesehatan, pertanian, kecelakaan nuklir dan bidang pangan. Sedangkan 10 media terbanyak memuat pemberitaan nuklir adalah Detik, Tempo, Antara, Tribun, Kompas, Viva, Jawa Post, Republika, Liputan 6, dan Media Indonesia. Untuk isu pemberitaan PLTN menghasilkan kecenderungan negatif sebesar 45% dan medianya adalah Tribun, sebaliknya dengan pemberitaan Tempo sebanyak 9 kali menghasilkan nilai positif sebesar 78%. Dengan pendekatan media coverage, manajemen pemberitaan dan informasi melalui media online, dan pemilihan isu, dan press release yang memuat pesan yang ingin disampaikan organisasi kepada publiknya sangat berkontribusi pada reputasi BATAN.


Keywords


Berita; media online; penyebaran; informasi iptek nuklir; reputasi

Full Text:

PDF

References


Abdullah, A., & Puspitasari, L. (2018). Media televisi di era internet. Jurnal ProTVF, 2(1), 101–110.

Astuti, K. (2017, April). Menristekdikti Dorong Pembangunan PLTN di Bangka Belitung. Republika.Co.Id.

Doorley, J., & Garcia, H. F. (2010). Reputation management chapter 1. reputation management: the key to successful public relations and corporate communication, 3–35. https://doi.org/10.4135/9781452229669.n3089

Hardjana, A. (2000). Audit komunikasi: teori dan praktek. Jakarta: Grasindo.

Husni, M. (2017). Karakter: pondasi kuat reputasi. in a. wikam (ed.), reputasi yang berkarakter (first, p. 75). Jakarta: Media Piar Indonesia.

KBI. (2018). Kamus Bahasa Indonesia. Jakarta.

Kedi, M. E. (2013). Persepsi perempuan tentang tayangan drama romantis Korea di indosiar. jISIP: Jurnal Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik, 2(2), 20–24.

Komariah, K., & Subekti, P. (2016). Penggunaan media massa sebagai agen sosialisasi dinas kesehatan kabupaten Tasikmalaya dalam meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya imunisasi. Jurnal PRofesi Humas, 1(1), 12–21.

Laksana, W. (2012). Implementasi corporate social responsibility dalam reputasi perusahaan (studi kasus program peduli pendidikan di PT. Pupuk Kaltim). Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Departemen Ilmu Komunikasi.

Martina Butar-Butar. (2015). Pelestarian benda cagar budaya di objek wisata museum Sang Nila Utama provinsi Riau. Jurnal Jom FISIP, 2(1), 1–13.

Puspitasari, L., Mahameruaji, J. N., & Indriani, S. S. (2017). Publisitas dan promosi film ada apa dengan cinta 2? Jurnal ProTVF, 1(2), 169–176.

Romli, A. S. M. (2012). Jurnalistik online: panduan praktis mengelola media online. Bandung: Nuansa Cendekia.

Sejati, U. B. (2017). Nuklir di Sekitar Kita. Kompas.

Surokim. (2016). Riset penelitian komunikasi : strategi praktis bagi peneliti pemula. (Surokim, Ed.). Madura: Prodi Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial & Ilmu Budaya Universitas Trunojoyo Madura dan Elmatera Yogyakarta.

Trimanah. (2012). Reputasi dalam kerangka kerja public relations. Jurnal Ilmiah Komunikasi Makna, 3(1), 92–102.



Digital Object Identifier

DOI : https://doi.org/10.24198/prh.v4i1.19616

Article Metrics

Abstract views : 0 | views : 0

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


PRofesi Humas Indexed by:

            

Redaksi PRofesi Humas:

Fakultas Ilmu Komunikasi, Universitas Padjadjaran
Jl. Raya Bandung-Sumedang Km. 21 Jatinangor, Sumedang, Indonesia 45363
WA: +6282316731181 (Chat Only)

Telepon: +62227796954
Faksimile: +62227794122
email: profesihumas@gmail.com


 


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

PRofesi Humas Supervised by:

  


View My Stats